"WONG EDAN BAGU"

WAHYU PANCA GHA'IB:
1. Kunci.
2. Paweling.
3. Asmo.
4. Mijil.
5. Singkir.

WAHYU PANCA LAKU:
1. Manembahing Kawula Gusti.
2. Manunggaling Kawula Gusti.
3. Leburing Kawula Gusti.
4. Sampurnaning Kawula Gusti.
5. Sampurnaning Pati lan Urip.

Hakikat Hidup:
GALILAH RASA YANG MELIPUTI SELURUH TUBUHMU. KARENA DI DALAM TUBUHMU. ADA FIRMAN TUHAN YANG MENJAMIN HIDUP MATI DAN DUNIA AKHERATMU.
Ttd: Wong Edan Bagu
Putera Rama Tanah Pasundan

Sabtu, 06 Mei 2017

Apa itu Musyrik. Syirik. Munafik, dan Murtad...?!

Apa itu Musyrik. Syirik. Munafik, dan Murtad...?!
Oleh: Wong Edan Bagu
Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan

Kemaren, saya membagikan tentang pengetahuan saya bab Kafir. Pada kesempatan kali ini, saya juga akan membagikan pengetahuan saya tentang Musyrik. Syirik. Munafik dan Murtad, supaya lebih lengkap lagi pemahamannya dalam sebuah pengertian istilah, sebagai penambahan wacana, dalam pendewasaan laku spiritual. Yang pertama tentang.
MUSYRIK;

Musyrik adalah orang yang mempersekutukan Dzat Maha Suci, mengaku akan adanya Tuhan selain Dzat Maha Suci Allah, atau menyamakan sesuatu dengan Dzat Maha Suci Allah. Sipat dan sikap Pemikiran itu, disebut musyrik. Sebab, Dzat Maha Suci Allah itu, Esa dan tidak satupun yang menyamainya.

Jadi, yang dimaksud Dengan musyrik, adalah, orang yang disamping menyembah Dzat Maha Suci Allah, dan mengabdikan diri kepada Dzat Maha Suci Allah, juga menyembah dan mengabdikan dirinya kepada yang selain Dzat Maha Suci Allah.

Contoh misal; Seperti uang, jika tak punya uang, merasa tidak bisa hidup, jabatan, kalau tidak punya jabatan merasa tidak terhormat, anak, istri atau suami, kalau bukan karena anak, istri/suami, merasa tidak bahagia, merasa kurang, bahka bisa mati, atau benda-benda yang di yakini bisa memberikan manfaat serta dapat menolak bahaya. Misalnya pusaka, jimat, isim, asma' dll. Sehingganya kesemuanya itu, perlu dilayani, harus mengabdikan dirinya kepada semua itu, harus di sembah sembah agar tidak kehilangan, supaya tidak mengalami ketersiksaan, supaya bisa mencapai keberhasilan dll.

Syirik;
Syirik adalah perbuatan menyembah atau menyekutukan sesuatu selain Dzat Maha Suci Allah. Contoh misal; memuja dan memuji atau menyembah kuburan, benda-benda, patung, batu/kayu, bahkan manusia yang dianggap hebat, jin atau arwah dan lain-lainnya.

Percaya pada benda-benda atau makhluk, yang dapat mendatangkan kebaikan dan keburukan. Sehingganya perlu harus di puja puji dengan berbagai macam ritual yang menggunakan uborampe atau syarat sesaji dll. Sekalipun itu ruh seorang wali atau nabi. Tetap syirik sebutannya.

MUNAFIK;
Munafik adalah orang yang bermuka dua, mulutnya berkata yakin atau percaya, tapi hatinya ingkar, lain dihati, lain di mulutnya. Orang munafik ini hanya pada mulutnya saja dia baik, atau dalam perbuatannya sehari-hari saja yang tampak baik, namun hanya tipu daya belaka, misal contoh, karena sedang menginginkan sesuatu dari seseorang, lalu berpura-pura baik.

Artinya, ibadah amal perbuatan yang dikerjakan itu, bukan ditegakkan di atas dasar keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah, akan tetapi hanya didasarkan pada perasaan dan hawa nafsunya semata-mata untuk mencari muka, penampilan, mengambil hati seseorang atau dalam masyarakat dan pandangan orang belaka. Segala perbuatan baiknya itu hanya dijadikan tempat berlindung untuk menutupi segala keburukan niatnya.

MURTAD;
Adalah orang yang keluar dan mengingkari ajaran yang seumur hidupnya, telah menuntunnya ke arah kebenaran, baik dari segi Keyakinan, ucapan atau perbuatannya. Contoh misal, seorang islam belajar mencari benar, setelah bertemu benar, lalu dia keluar dari islam, tidak mau mengakui islam, bahkan memperolok islam, itulah yang di arti maksud Murtad.

KESIMPULANNYA;
MUSYRIK;
Siapapun Anda...
Bagaimanapun Anda...
Jika dihatinya ada yang lain selain Dzat Maha Suci, bahkan di anggap penting, lebih penting dari Dzat Maha Suci. Itulah yang di arti maksudkan Musyrik.

SYIRIK;
Siapapun Anda...
Bagaimanapun Anda...
Jika di saat manembah/sungkem/sholat/semedi/dzikir atau apapun yang terkait dengan Dzat Maha Suci Allah, namun kesadarannya bukan Kepada Dzat Maha Suci Allah, tapi pada keramat, makam, pusaka, kuburan, patung dll, atau kesadarannya terarah ke anak, istri/suami, harta, tahta, wanita, ruh wali, ruh nabi, ruh romo semono sastrohadijoyo dll, atau wewujudan yang nampak ata tidak nampak yang di kaguminya. Itulah yang di arti maksudkan Syirik.

MUNAFIK;
Siapapun Anda...
Bagaimanapun Anda...
Kalau bermuka dua, lain di hati lain di mulut, tidak jujur, tidak terbuka bab soal Dzat Maha Suci Allah, alias untuk pamrih bin ego semata. Itulah yang di arti maksudkan sebagai Munafik.

MURTAD;
Siapapun Anda....
Bagaimanapun Anda....
Jika meninggalkan dan menentang serta memperolok ajaran atau tuntunan yang telah berhasil membimbing nya ke puncak kesuksesan/keberhasilan atau keranah kebenaran sejati, benar benarnya benar. Namun setelah berhasil sukses atau menemukan kebenara sejati, lalu melupakannya, meninggalkannya, menentangnya, menyalahkannya, memperoloknya. Itulah yang di arti maksudkan sebagai Murtad. Saya Wong Edan Bagu. Mengucapkan Salam Rahayu dan Terima kasih. Semoga bermanfaat guna Berkah.


Saya Wong Edan Bagu. Mengucapkan Salam Rahayu selalu dariku serta Damai... Damai... Damai Selalu Tenteram. Sembah nuwun,,, Ngaturaken Sugeng Rahayu, lir Ing Sambikolo. Amanggih Yuwono.. Mugi pinayungan Mring Ingkang Maha Agung. Mugi kerso Paring Basuki Yuwono Teguh Rahayu Slamet.. BERKAH SELALU. Untuk semuanya tanpa terkecuali, terutama Para Sedulur, khususnya Para Kadhang Konto dan Kanti Anom Didikan saya. yang senantiasa di Restui Hyang Maha Suci Hidup....._/\_..... Aaamiin... Terima Kasih. Terima Kasih. Terima Kasih *
Ttd: Wong Edan Bagu
Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan
Telephon; 0819-4610-8666.
SMS/WhatsApp/Line; 0858-6179-9966.
BBM; D38851E6”
http://putraramasejati.wordpress.com
http://webdjakatolos.blogspot.com
Posting Komentar