"WONG EDAN BAGU"

WAHYU PANCA GHA'IB:
1. Kunci.
2. Paweling.
3. Asmo.
4. Mijil.
5. Singkir.

WAHYU PANCA LAKU:
1. Manembahing Kawula Gusti.
2. Manunggaling Kawula Gusti.
3. Leburing Kawula Gusti.
4. Sampurnaning Kawula Gusti.
5. Sampurnaning Pati lan Urip.

Hakikat Hidup:
GALILAH RASA YANG MELIPUTI SELURUH TUBUHMU. KARENA DI DALAM TUBUHMU. ADA FIRMAN TUHAN YANG MENJAMIN HIDUP MATI DAN DUNIA AKHERATMU.
Ttd: Wong Edan Bagu
Putera Rama Tanah Pasundan

Minggu, 28 Mei 2017

Kyai Ageng Singoprono - Gunung Tugel Boyolali:

 Kyai Ageng Singoprono - Gunung Tugel Boyolali:
Oleh: Wong Edan Bagu.
Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan.
Boyolali. Hari Minggu Tanggal 28 Mei 2017.

Gunung Tugel adalah tempat, bersemayamnya kyai singoprono, yang terletak di daerah nglembu kecamatan sambi kabupaten Boyolali.
Kyai singoprono adalah putra dari kyai Ageng Wongsoprono II, yang berdiam di desa Manglen, sekarang desa Manglen adalah Kelurahan Walen kecamatan Simo Boyolali.
Beliau adalah Putra Raden Djoko Dandun (Syaikh Bela Belu) Putra Raja Majapahit ( Brawijaya V). Kyai Singoprono adalah anak tunggal.
Kyai Singoprono mempunyai istri bernama Tasik wulan, mereka tinggal di daerah tersebut, kyai Singoprono adalah sosok yang berbudi luhur, suka menolong dan sakti mandraguna, pekerjaan nya adalah bercocok tanam, berjualan nasi dan dawet dipinggir jalan ± 4 km dari rumahnya.
Sifat baik hatinya terlihat apabila ada orang yang membutuhkan pertolongan, pasti beliau akan menolong, makanan yang dijualpun tidak sekedar di jual, tetapi juga diberikan kepada orang yang membutuhkan, walaupun demikian, tak membuat beliau gulung tikar, begitu pula dengan hasil bercocok tanam nya.
Sehingga banyak orang yang datang untuk meminta kepada Kyai Singoprono. Kyai Singoprono pun memberi tanpa mengharapkan kembali atas apa yang sudah diberikan.
Demikianlah kebaikan Kyai Singoprono tersebar sampai di seluruh daerah sekitar, tetapi ada yang tidak suka atas kebaikan dan kemurahan hati Kyai Singoprono, yang banyak disanjung – sanjung dan terkenal ke dermawannanya sampai keseluruh daerah sekitar.
Yang tidak suka Kyai Singoprono adalah Kyai Rogo runting, Kyai Rogo runting iri dengan keberhasilan Kyai Singoprono, sebenarnya mereka berdua adalah sahabat baik.
Pada suatu saat kyai Rogo runting ingin menunjukkan kekuatannya kepada Kyai singoprono, dengan cara mengaitkan benang dari pegunungan Rogo Runting ke selatan ( yang sekarang telah menjadi kelurahan Nglembu, kecamatan Sambi Boyolali ).
Diatas benang dililitkan sebutir telur, kemudian telur itu digulirkan di atas benang tersebut dan ajaibnya telur tersebut tidak jatuh, telur tersebut terus menggelinding diatas benang, lalu telur tersebut akhirnya membentur gunung sebelah selatan. Sehingga terdengar suara keras dan menggelegar dan mengakibatkan gunung tersebut tugel / putus puncaknya, karena itu, gunung tersebut dinamakan Gunung Tugel, nama itu masih terkenal sampai sekarang.
Secara tidak langsung, kejadian tersebut sebagai alat untuk menunjukkan kesaktian Kyai Rogo runting kepada Kyai Singoprono, namun Kyai Singoprono tidak tergerak hatinya untuk membalas perbuatan Kyai Rogo runting tersebut.
Namun semakin di diamkan, Kyai Rogo runting semakin menjadi – jadi, kemudian secara halus Kyai Singoprono mengiyakan hal tersebut.
Maksudnya menanggapi Kyai rogo runting, tetapi Kyai Rogo runting mengaggap hal tersebut sebagai balasan dari Kyai singoprono. Kyai singoprono pun akhirnya marah, beliau menggunakan cara yang sama untuk membalas Kyai Rogo runting, dengan cara mengaitkan benang dari pegunungan tugel ke utara, di atas benang juga diletakkan sebuah telur, kemudian telur tersebut menggelinding tanpa terjatuh dan akhirnya membentur pegunungan Rogo runting, sehingga mengeluarkan suara keras dan menggelegar, tetapi kejadian tersebut, tidak mengakibatkan gunung tersebut rusak, namun Kyai Rogo runting tubuhnya tercerai berai atau tubuhnya terontang – anting.
Jasad Kyai Rogo runting kemudian dimakam kan di daerah perbatasan kecamatan Klego dan kecamatan Simo yang dikenal sebagai Pegunungan Rogo runting.
Hati Kyai Singoprono yang begitu baik, memberikan kesan bagi penduduk setempat, bahwa mungkin Kyai itu sebenarnya salah seorang Wali.
Pembicaraan demikian makin meluas sehingga wilayah tempat tinggal Kyai Singoprono sampai sekarang disebut Walen.
Kesaktian dan kebaikan hati Kyai Singoprono tersebar luas ke mana-mana sehingga Sultan Bintara di Demak pun tertarik mendengar cerita punggawa tentang Kyai itu.
Tidak mengherankan jika Bintara ingin mengunjungi Kyai Singoprono untuk membuktikan seberapa jauh kesaktian Kyai itu.
Agar kedatangannya tidak mencurigakan, Sultan Bintara menyamar sebagai pengemis. ketika tiba di depan rumah Kyai Singoprono , pada saat Sultan datang Kyai Singoprono sedang menjalankan Sholat di pelepah daun pisang. Dan tdk lama dari itu Kyai Singoprono pun masuk ke rumah.
Segera pengemis bertemu dan pengemis itu disambut dengan penuh hormat, bahkan disilakan duduk di balai-balai. Kyai Singoprono sendiri duduk di lantai tanah, bagaikan menghadap Raja. Setiap kali pengemis itu bertanya, dijawabnya dengan bahasa tinggi penuh hormat, serta dimulai dan diakhiri de­ngan sembah.
Setelah tiga kali berturut-turut Kyai Singoprono menyembah, pengemis itu tidak tahan lagi. Dia turun dari balai-balai dan Kyai Singoprono dipeluk serta dipuji sebagai Kyai yang Waskitha (tajam pengamatannya).
Bersamaan dengan itu, Demak mengemukakan bahwa ia akan menghajar Kebo Kenanga, Adipati Pengging yang congkak. Kyai Singoprono tidak menyetujui gagasan itu, karena Kebo Kenanga adalah orang yang sakti. Kenyal kulitnya, tidak bisa dilukai oleh senjata; keras tulangnya bagaikan besi dan kuat ototnya bagaikan kawat baja.
Adipati Pengging tersebut adalah pejabat yang jujur serta Kyai yang mempunyai Karomah dan berjuang di Kadipaten. Kyai Ageng Pengging hanya difitnah oleh orang yg mempunyai dendam. Untuk mengalahkannya harus diusahakan suatu cara tertentu.
Pen­deknya cerita. Sultan Bintara harus bersabar.
Saran ini ditafsirkan Sultan Bintara sebagai usaha Kyai Singoprono untuk menghalangi maksudnya, bahkan Sultan menuduhnya bersekutu dengan Kebo Kenanga. Kyai pun menunduk, sedih, lalu menggeiengkan kepala tiga kali.
Untuk menghindari perdebatan yang berkepanjangan, Kyai Singoprono segera berkata agar Sultan membuktikan ucapannya.
Caranya sebagai berikut. Jika menjelang penyerangan nanti pasukan Demak memukul bendhe (gong kecil) sebagai tanda penyerbuan dan bunyinya pelan, itu tanda serangan mereka akan gagal total. Jika berbunyi keras, akan lancar gempuran pasukan Demak, dan kemenangan jelas pada pihak Bintara.
Dengan agak jengkel, Sultan keluar dari rumah. la berjalan lebih tegap, tidak lagi sebagai pengemis. Akan tetapi, alangkah terkejut hatinya ketika tiba di suatu desa. Di sana ia menjumpai pasukan Demak bersiaga. Karena tidak tega, Pasukan Demak mengikuti perjalanan Sultan dari belakang sambil berlatih perang-perangan.
Kesetiaan pasukan itu dipuji Sultan. Sebagai tanda terima kasih, desa itu dinamakannya dusun Manggal. Kata ini berasal dari kata manggala, yang artinya pimpinan pasukan.
Tibalah saatnya bagi Sultan untuk membuktikan kata-kata Kyai Singoprono. Bendhe yang tergantung di pohon duwet diperintahkan untuk dipukul. Sultan heran, yang terdengar hanya suara goyangan bendhe bergesekan dengan ranting pohon duwet. Pukulan kedua menghasilkan bunyi aum, suara harimau.
Penduduk yang tinggal di desa lain, tidak jauh dari peristirahatan pasukan Demak, berteriak bahwa mereka mendengar suara simo (harimau). Oleh karena itu, desa itu hingga kini disebut desa Simo.
Suara aum dari gong akhirnya meyakinkan Sultan Bintara bahwa Kyai Singoprono memang benar-benar sakti dan membenarkan, jika masalah Kyai Kebo Kenongo hanya difitnah oleh orang yang punya dendam.
Dan Beliau pun bertitah kepada pasukannya agar kembali ke Demak bersamanya.
Tidak lama kemudian, Kyai Singoprono, yang sebenarnya sudah tua, merasa bahwa ajalnya hampir tiba. la berpesan kepada istrinya, Nyai Singoprono jika ia meninggal agar dikuburkan di gunung yang putus karena ledakan benturan panah Kyai Nogorunting.
Demikianlah, Kyai Singoprono akhirnya dimakamkan di Gunung Tugel. Oleh penduduk setempat, Kyai Singoprono juga disebut Kyai Singoprono Simowalen. Perlu diketahui, desa Simo yang terletak di sebelah timur dan desa Walen yang terletak di sebelah barat berjarak empat kilometer.
Gunung Tugel dijadikan tempat bersemedi atau bertapa orang – orang, barang siapa bersemedi di Gunung Tugel tapi orang tersebut tidak boleh mempunyai nafsu olo. Pasti akan mendapat berkah dari Kyai Singoprono.
Tetapi istri Kyai singoprono meninggal dan dimakamkan disebelah timur makam / Gunung Kyai Singoprono, kemudian makam tersebut di tendang oleh Kyai Sinoprono dan jatuh di Desa Krisik. Karena kyai Singoprono tidak mau disejajarkan denga istrinya , karena istri kyai Singoprono mempunyai watak yang tidak baik.
Cerita tentang Gunung Tugel memang lebih tepat disebut legenda, karena kisahnya menjelaskan adanya peninggalan. Dari legenda ini kita dapat mengambil hikmah, bahwasanya dengki, dendam, dan iri hati itu, dapat menghancurkan diri sendiri, bahkan lebih dari itu.
Sedangkan kesabaran, kejujuran, dan kebaikan hati kepada sesama, mendatangkan ke­tenteraman serta kebahagiaan lahir dan batin untuk diri sendiri maupun orang lain.
Saya Wong Edan Bagu. Mengucapkan Salam Rahayu selalu dariku serta Damai... Damai... Damai Selalu Tenteram. Sembah nuwun,,, Ngaturaken Sugeng Rahayu, lir Ing Sambikolo. Amanggih Yuwono.. Mugi pinayungan Mring Ingkang Maha Agung. Mugi kerso Paring Basuki Yuwono Teguh Rahayu Slamet.. BERKAH SELALU. Untuk semuanya tanpa terkecuali, terutama Para Sedulur, khususnya Para Kadhang Konto dan Kanti Anom Didikan saya. yang senantiasa di Restui Hyang Maha Suci Hidup....._/\_..... Aaamiin... Terima Kasih. Terima Kasih. Terima Kasih *
Ttd: Wong Edan Bagu
Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan
Telephon; 0819-4610-8666.
SMS/WhatsApp/Line; 0858-6179-9966.
BBM; D38851E6”
http://putraramasejati.wordpress.com
http://webdjakatolos.blogspot.com
Posting Komentar